Senin, 23 April 2012

KREASI UNIK DAN MENARIK

Pada jaman modern ini plastik menjadi pilihan utama sebagai pembungkus baik untuk membungkus makanan ataupun barang. Hal ini sering kita jumpai di supermaket-supermarket, di pasar, di warung bahkan di rumah. Hal ini dilakukan dengan alasan ekonomis dan praktis. Coba bayangkan bagaimana jika penggunaan kantong plastik dilakukan secara terus menerus tanpa ada batasan? Tentu akan berdampak buruk bagi lingkungan kita. Apa yang anda lakukan jika di rumah terdapat banyak kantong plastik, dibakar atau dibuang begitu saja? Disayangkan jika kantong plastik dibakar atau dibuang. Dengan sedikit sentuhan dan kreatif dari tangan kita kantong plastik akan menjadi kreasi yang sangat unik dan menarik.

Salah satu hasil kreasi dari kantong plastik adalah dompet, bungkus tempat pensil, bros, dan tataan vas bunga. Mau mencoba ... berikut alat dan bahan serta cara pembuatannya.








A. ALAT DAN BAHAN:


1. Gunting/cuter/silet
2. Penggaris
3. Jarum bentel
4. Kantong palstik/kresek



B. CARA MEMBUATNYA:
  1. Siapkan kantong plastik/kresek yang tidak kaku. Untuk membuat dompet dibutuhkan kantong plastik/kresek sebanyak 3 kantong ukuran sedang (2 kantong warna ungu dan 1 kantong warna putih), bungkus tempat pensil dibutuhkan 9 kantong ukuran sedang (5 kantong warna putih dan 4 warna hitam), bros hanya 1 kantong plastik/kresek ukuran kecil, sedangkan tataan vas bunga dibutuhkan kurang lebih 20 kantong.
  2. Bersihkan kantong plastik/kresek dari kotoran kemudian rapikan. Jika yang dibutuhkan hanya 1 kantong, anda cukup melipat kantong plastik/kresek menjadi 2 bagian tetapi jika yang dibutuhkan banyak tumpuklah kantong-kantong tersebut. 
  3. Potong kantong tersebut dengan menggunakan gunting atau cuter dengan ukuran 1 cm secara melintang. Buang bagian atas (gagang kresek) dan bawah kantong.
     4.  Rangkai potongan kantong plastik/kresek tadi hingga membentuk tali. Cara merangkai
           seperti kalau kita merangkai gelang karet.

    
      5. Tali kantong plastik sudah siap dirajut sesuai selera.
      6. Saya merajut dengan menggunakan bentel ukuran 0/2.

1 komentar:

  1. Kasih tau cara buat nya yang lebih DETAIL dan RINCI sampe hasil nya JADI...!!!
    Jangan cuma gitu,,,,

    BalasHapus